Kaitan antara pendidikan, rehabilitasi dan terapi
2011-08-27 14:52:51 / by Administrator - (6) komentar

Sebagaimana telah disebutkan di atas, meskipun ada kaitan antara rehabilitasi, terapi dan pendidikan, terdapat pula perbedaan mendasar di antara ketiga bidang ini secara umum, dan khususnya dalam kaitannya dengan kegiatan budaya. Terapi, dalam konteks ini psikoterapi, adalah yang paling menarik di antara ketiganya karena menyentuh bagian terdalam dari perasaan dan keadaan psikologis kita. Oleh karena itu para ahli terapi yang menggunakan kegiatan budaya membutuhkan pelatihan yang sangat baik dalam psikoterapi dan kegiatan budaya yang diterapkannya. Bidang ini tidak akan dibahas lebih jauh dalam artikel ini. Saya hanya ingin menyebutkan terapi musik, terapi tari, psikodrama dan terapi seni sebagai jenis terapi yang paling mantap yang menggunakan kegiatan budaya.

Sebagaimana disebutkan di atas, batas antara rehabilitasi, terapi dan pendidikan itu jelas. Pentingnya kegiatan budaya di dalam pendidikan bahkan lebih besar dibanding dalam rehabilitasi dan terapi.

Dalam konteks ini kata pendidikan mencakup pendidikan, pendidikan kebutuhan khusus dan pendidikan inklusif. Saya ingin membagi tugas-tugas kegiatan budaya dalam pendidikan menjadi dua:

    * Kegiatan budaya untuk kepentingannya sendiri yang menyampaikan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang seni rupa
    * Kegiatan budaya sebagai suatu alat dalam pendidikan

Kegiatan budaya untuk menyampaikan pengetahuan dan keterampilan
Pelajaran tentang berbagai kegiatan budaya sering kali merupakan satu mata pelajaran tersendiri, satu mata pelajaran yang juga disebut “kesenian”, yang mencakup mata pelajaran seperti musik, tari, seni rupa (grafika dan seni pahat), drama, dll.

Ada sekolah yang memberikan pengajaran dalam seni pentas yang meliputi pengembangan keterampilan pentas dan belajar membuat komposisi, koreografi, melukis, dll. Mata pelajaran tersebut kadang-kadang merupakan bagian dari kurikulum reguler dan/atau bagian dari kegiatan ekstra kurikuler.

Kadang-kadang kesenian dikaitkan dengan peristiwa sejarah, tradisi budaya daerah (lihat juga Kegiatan Budaya sebagai warisan budaya), geografi, dll.

Dengan demikian anak akan memperoleh pengetahuan dan/atau keterampilan yang akan memberikan kepuasan serta dipersiapkan untuk kegiatan waktu luang bila sudah dewasa atau bahkan diarahkan untuk memperoleh pekerjaan dalam bidang ini. Akan tetapi, ada anak yang tidak menunjukkan motivasi untuk terlibat dalam kegiatan ini, mereka lebih menyukai hiking, bermain bola, membaca atau kegiatan-kegiatan lainnya.

Dalam artikel ini saya ingin memfokuskan pada kegiatan budaya sebagai alat dalam pendidikan dan pendidikan kebutuhan khusus.



Mungkin anda juga suka membaca artikel terkait berikut

  1. Keunikan Kegiatan Budaya
  2. Penilaian kritis, wawasan, sikap
  3. Kegiatan Budaya sebagai Alat Interaksi, Komunikasi dan Inklusi
  4. Kegiatan budaya dan warisan budaya
  5. Kaitan antara pendidikan, rehabilitasi dan terapi
  6. Interaksi dan komunikasi
  7. Merangsang kesan dan pengalaman
  8. Beberapa kata penutup tentang inklusi
  9. Kegiatan budaya sebagai suatu alat dalam pendidikan
  10. Pendidikan Inklusi, Belajar dan berlatih
  11. Peranan kegiatan budaya
  12. Penggunaan kegiatan budaya
  13. Guru dan kegiatan budaya
  14. Kegiatan budaya dan informasi
  15. Kemandirian dan aktualisasi diri

Komentar tentang artikel ini

JUL 28 2013

By sfvrXG8Hzq Hello. Very cool blog!! Man .. Admirable .. Superb .. I will bookmark your web place and acqiure the feeds also I\_m pleased to attain several cooperative communication here inside the send. Recognition for sharing. http://ljtszq.com [url=http://cyfvuoxrvqq.com]cyfvuoxrvqq[/url] [link=http://ulipnj.com]ulipnj[/link]

di isi jam : 02:03:58

JUL 24 2013

By Sm40elSZ0 That\_s a cunning answer to a _a href="http://xakggxzg.com"_chlelanging_/a_ question

di isi jam : 23:40:44

JUL 24 2013

By oTymZjRv Hello, you used to write excellent, but the last few posts have been kinda boinrga1K I miss your great writings. Past few posts are just a little bit out of track! come on!Please visit:

di isi jam : 05:49:50

JUL 22 2013

By ID2ETt7NcAq I don\_t even know what to say, this made things so much eaesri!

di isi jam : 06:09:41

NOV 06 2012

By Rubiyarto, S.Pd Homeschooling ABK TwinStar : Memberikan Informasi, solusi dan edukasi tentang ABK

di isi jam : 07:39:29

OKT 12 2011

By shazia Pusat Terapi dan Tumbuh Kembang Anak Rumah Sahabat Yogyakarta melayani terapi autism, terlambat bicara, ADHD, Down syndrom, musik, renang dengan terapi terpadu, speech terapi, sensori integrasi, terapi perilaku, fisioterapi dll. untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi Rumah sahabat di Perum Gambiran C 2 UH V, Jl Perintis Kemerdekaan Yogyakarta phone 0274 8267882

di isi jam : 13:23:46



Masukkan Komentar Anda :

Nama
Website Tanpa http://
Email
Komentar
Verivikasi


Menu

Our Facebook

Adsense

Adasense

Ad Here

Archives

Search

Links

Links
Donasi untuk Rakyat Palestine
Donasi Rumah Zakat
Dompet Duafa
Donasi Unicef Indonesia

Comments

Last Comment
under construction